Selasa, 17 Januari 2012

Burung Merpati dan Semut


     Seekor semut pergi ke sebuah kolam untuk minum dan istirahat. Ia merasa sangat lelah setelah seharian mengumpulkan makanan. Celaka! Kakinya terpeleset dan ia tercebur. Ia tidak mungkin keluar dari kolam. Ia tidak pandai berenang sehingga nyaris tenggelam.
            Sementara itu, seekor merpati putih yang sedang hinggap di seberang kolam menyaksikan kejadian itu. Hatinya tesentuh. Ia berusaha untuk menyelamatkan semut itu. Burung itu segera terbang dan mematuk sehelai daun. Kemudian, ia menjatuhkan daun itu dekat semut. Semut kemudian menaiki daun itu dan berhasil keluar dari air dengan selamat.
            Beberapa hari kemudian, merpati itu hinggap pada cabang sebuah pohon untuk berteduh di sela-sela dedaunannya yang rimbun. Tanpa ia sadari, seorang pemburu lewat di dekatnya dan melihatnya. Pemburu itu segera mengarahkan senapannya pada burung itu. Karena tidak melihatnya, merpati itu tidak terbang untuk menghindar. Untunglah, semut yang pernah diselamatkan merpati itu melihat dan mengetahui apa yang sedang dijadikan sasaran oleh pemburu itu.
            Dengan pelan dan hati-hati semut itu naik ke atas tubuh pemburu itu. Kemudian, ia menggigitnya keras-keras sehingga pemburu itu terkejut. Akibatnya, tembakannya meleset dan tidak mengenai merpati. Selamatlah merpati itu berkat budi baiknya pada semut. Benarlah firman Allah swt., “Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya ia akan melihat (balasan)nya.”

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar