Kamis, 19 Juli 2012

Yang Taat dan Yang Maksiat


Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Dahulu kala ada dua orang dari Bani Israil yang berbeda pekerjaandan tujuan (hidupnya). Salah satu dari mereka adalah pelaku dosa dan yang satunya sangat taat beribadah. Dia selalu melihat saudaranya melakukan dosa dan kemudian berkata, ‘Berhentilah! (dari dosa) !’ Tetapi dia masih saja mendapatinya melakukan dosa.
Ia kembali berkata, ‘Berhentilah (dari dosa) !’ Dia menjawab, ‘biarkan aku dan Tuhanku! Apakah Anda diutus  kepadaku sebagai pengawas?’ Ia berkata, ‘Demi Allah, Tuhan tidak akan mengampuni kesalahanmu.’ Atau ‘Dia tidak akan memasukkanmu ke Surga.’
Kemudian keduanya meninggal dunia dan dikumpulkan ruhnya di hadapan Allah, Tuhan semesta alam. Allah berfirman kepada orang yang taat beribadah, “Apakah Anda mengetahui apa yang ada pada diri-Ku? Ataukah Anda berkuada terhadap apa yang ada pada diri-Ku?”
Dan Allah berfirman kepada yang selalu berdosa, “Pergilah dan masuklah ke dalam Surga dengan rahmat-Ku !” Sedangkan kepada yang lainnya (orang yang taat) Allah berfirman, “Pergilah Anda ke Neraka!” (Hadits Shahih riwayat Ahmad, II/323, Abu Daud no. 4901, Ibnul Mubarak di kitabnya Az-Zuhd no.314, Ibnu Abid Dunya dalam Husnuzh Zhan no. 45, dan Al-Baghawi di Syarah As-Sunnah, 14 / 385)
yang maksiat
yang taat

Pelajaran dari hadits di atas:
1.    Anjuran untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar.
2.    Berhenti dari kemungkaran setelah mendengar larangan darinya dan tidak terus menerus melakukan kesalahan karena menentang dan sombong.
3.    Tidak membuat mereka yang berdosa putus asa dari rahmat Allah dan ampunan-Nya.
4.    Besarnya kesalahan orang yang berbicara tentang Allah tanpa ilmu.
5.    Luasnya rahmat Allah Tuhan semesta alam.
6.    Setiap orang yang menempatkan orang lain di Neraka atau di Surga, berarti ia mengaku dirinya Tuhan.
7.    Celaan bagi mereka yang menjadikan dirinya sebagai hakim pada urusannya Allah, baik dalam hal kebahagiaan atau kesusahan.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar